Air Terjun Tumaung, Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

By | 14 Desember 2016

Hulu sungai tengah adalah salah satu kabupaten di provinsi kalimantan selatan, nama kabupaten ini mungkin asing di telinga beberapa para travellers, karena di hulu sungai tengah ini pariwisata nya kurang berkembang , padahal sangat banyak pariwisata yang belum di eksplor , itulah mengapa nama kabupaten hulu sungai tengah ini kurang dikenal oleh travellers luar kalimantan . Kabupaten Hulu Sungai Tengah masuk dalam area pegunungan meratus yang membelah beberapa kabupaten lain nya.

Hutan di kalimantan masih cukup banyak , sehingga sangat cocok jadi wisata alam yang penuh nuansa hening dan indah , di sini juga banyak terdapat bukit , air terjun , gua,dan gunung . Jadi kalian tinggal pilih saja mana yang ingin kalian datangi .

Salah satu nya adalah air terjun Tumaung , air terjun ini terletak di desa hinas kiri kabupaten hulu sungai tengah , jika dari pusat kota Hulu Sungai Tengah Yakni Barabai bisa memakan waktu kurang lebih 20 menit an menggunakan kendaraan roda dua , untuk menuju air terjun ini hanya bisa di lalui oleh roda dua mengingat jalan nya yang sempit dan sangat rawan ber temu dengan mobil truk pengangkut batu yang memakan hampir setengah badan jalan.

Untuk menuju ke wisata air terjun tumaung kita harus melalui kota barabai lalu ke birayang dari birayang kita ke batu tangga , terus ke hinas kiri , tanyakan saja kependuduk lokal tentang air terjun tumaung mereka pasti tau. Atau kalian bisa menyewa tour guide untuk menuju ke air terjun ini untuk memudahkan berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Air  terjun ini terletak di tengah hutan pegunungan meratus yang masih lebat , jadi tidak mudah menemukan tempat ini jika tidak menyewa tour guide, air tejun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan debit air yang lumayan deras ketika musim hujan tiba , namun akan menyusut jika musim kemarau namun masih bisa dinikmati keindahan nya , suasana hutan yang masih asri dengan di temani bunyi air terjun akan dapat membuat tubuh kalian rileks.

Untuk masuk kalian membayar parkir sebesar 5 ribu rupiah , dan akan di kenakan biaya masuk ketika hampir sampai air terjun sebesar 5 ribu lagi , karena katanya beda wilayah dengan yang pertama bayar parkir tadi. Kalian bisa menikmati keindahan air terjun tumaung ini dengan sekedar bersantai di pondok yang ada , atau pun bermandi ria , tapi ingat kedalaman di air terjun ini cukup dalam sehingga tidak di sarankan bagi yang tidak bisa berenang , dan suhu air nya pun lumayan dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *